Rumah Gadang Adalah Rumah Adat Daerah

Rumah adat gadang merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sumatera barat. Rumah honai adalah rumah adat dari papua barat dengan bangunan yang cukup unik bagaikan jamur yang tersebar rata di seluruh desa.

Rumah Gadang Gadi Ansoma

Rumah adat ini terbuat dari kayu dan jerami ilalang yang disusun rapi padat.

Rumah gadang adalah rumah adat daerah. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama rumah bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama rumah baanjuang. Ciri khas rumah gadang adalah mempunyai keunikan dalam bentuk arsitekturnya dengan atap yang menyerupai tanduk kerbau yang terbuat dari bahan ijuk. Nama lain dari rumah adat gadang adalah rumah bagonjong rumah baanjuang dan rumah godang.

Fungsi dari rumah gadang sendiri digunakan sebagai tempat tinggal keturunan matrilineal dan juga tempat melaksanakan ritual. Rumah gadang adalah nama untuk rumah adat minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di provinsi sumatera barat indonesia. Salah satu rumah adat sumatera barat adalah rumah gadang.

Rumah adat sumatera yang kedua adalah rumah adat sumatera barat atau rumah gadang. Ciri khas rumah gadang adalah mempunyai keunikan dalam bentuk arsitekturnya dengan atap yang menyerupai tanduk kerbau yang terbuat dari bahan ijuk. Seperti rumah adat lainnya setiap bagian dari rumah gadang juga menyimpan makna filosofis yang erat kaitannya dengan budaya dan agama masyarakat setempat.

Seri lembar mewarnai gambar rumah adat nusantara kali ini adalah giliran saya upload gambar rumah gadang dari propensi sumatera barat yang beribukota padang. Adalah dalam upaya agar anak anak lebih mengenal adat daerah asli indonesia. Gambar mewarnai rumah gadang adat minangkabau sumatera barat.

Untuk ulasan kali ini kami akan membahas tentang beberapa rumah adat dari sumatera barat khususnya jenis jenis rumah gadang. Menengok bagian dalam rumah gadang fungsi utama rumah gadang adalah sebagai tempat tinggal bersama keluarga. Pada dasarnya rumah ini adalah rumah adat suku minagnkabau yang juga memiliki sebutan lain yaitu rumah godang.

Rumah adat gadang atau rumah godang adalah nama bangunan khas yang sering kita jumpai di daerah sumatera barat. Rumah ini adalah salah satu rumah panggung yang memiliki ukuran yang besar dan berbentuk persegi panjang. Jika rumah adat di daerah yang lain berukuran besar rumah adat papua barat memiliki ukuran yang minimalis dan tergolong sempit.

Bangunan adat tersebut juga sering disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama rumah bagonjong dan ada juga yang menyebutnya dengan rumah baanjuang. Rumah adat gadang merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sumatera barat. Nama lain dari rumah adat gadang adalah rumah bagonjong rumah baanjuang dan rumah godang.

Fungsi rumah gadang yang juga penting adalah sebagai iringan adat seperti menetapkan adat atau tempat melaksanakan acara seremonial adat seperti kematian kelahiran perkawinan mengadakan acara kebesaran adat tempat mufakat dan lain lain.

Rumah Gadang Tmii 3d Warehouse

Is Zou In Indonesia One Piece Forum

Mengenal Rumah Adat Sumatera Barat Rumah Gadang Kalimat Id

Jual Miniatur Rumah Adat Minangkabau Rumah Gadang Dari Bambu

Solok Selatan Kembangkan Wisata Rumah Gadang Panjang Kompas Com

Tender Untuk Revitalisasi Rumah Gadang Di Solok Digelar Desember

Makna Ukiran Rumah Gadang Dari Tanah Minang

Pesona Negeri Seribu Rumah Gadang Regional Liputan6 Com

Rumah Gadang Simbol Budaya Merantau Kompas Com

7 Keunikan Dari Padang Sumatera Barat Yang Perlu Anda Tahu

Keunikan Rumah Gadang Eldy 7

Sejarah Dunia Rumah Gadang Rumah Gadang Atau Rumah Facebook

Rumah Gadang Rumah Tradisional Minangkabau Arsitag

Rumah Gadang Rumah Tradisional Minangkabau Arsitag

Rumah Gadang Nan Baanjuang Museum Rumah Gadang Di Kebun Binatang

Rumah Gadang Anneahira Com

Bangunan Yang Mengadopsi Arsitektur Rumah Gadang Dan Rumah

Rumah Gadang Rumah Tradisional Minangkabau Arsitag

Ada Yg Tahu Apa Nama Rumah Adat Daerah Padang Jawabanya Rumah

Gema Budaya Kenapa Rumah Gadang Minangkabau Atapnya Seperti Tanduk

Rumah Gadang Di Minangkabau

Ayo Kenali Beragam Rumah Gadang Minangkabau Pasbana

Rumah Gadang Sungai Beringin Payakumbuh Wisato Dot Id


0 Response to "Rumah Gadang Adalah Rumah Adat Daerah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel