Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari

Rumah adat dari toraja sulawesi selatan ini terbuat tanpa ada unsur logam satu pun di setiap bagiannya. Rumah tongkonan sendiri merupakan rumah adat bagi masyarakat suku toraja dan sudah ditetapkan sebagai rumah adat dari provinsi sulawesi selatan.

Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari

Rumah adat ini mempunyai fungsi sosial dan budaya yang bertingkat tingkat di masyarakat.

Rumah adat tongkonan berasal dari. Atapnya melengkung menyerupai perahu terdiri atas susunan bambu saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng. Bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapurberasal dari kata tongkon artinya duduk bersama sama. Rumah tongkonan sendiri difungsikan sebagai pusat pemerintahan to ma parenta kekuasaan dan strata sosial pada elemen masyarakat toraja.

Ada kepercayaan kebanggaan tradisi kuno dan peradaban dari setiap detail rumah tongkonan yang dibangun masyarakat toraja. Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. Rumah adat toraja atau yang biasa disebut dengan tongkonan kata tongkonan sendiri berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk.

Rumah adat tongkonan tidak bisa dimiliki secara pribadiperorangan karena rumah ini adalah warisan nenek moyang dari setiap anggota keluarga atau keturunan mereka. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. Di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau.

Tongkonan adalah rumah adat suku toraja yang berfungsi sebagai tempat pertemuan para bangsawan toraja membicarakan tentang adat. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang berarti duduk. Rumah adat sulawesi selatan provinsi sulawesi selatan dihuni oleh masyarakat yang berasal dari suku yang beragam.

Tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu. Dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu menjadi tempat berkumpulnya bangsawan toraja yang duduk dalam tongkonan untuk berdiskusi. Rumah adat ini sangat terkenal bahkan hingga ke penjuru dunia dikarenakan keunikan dari segi arsitektur dan juga nilai nilai filosofis yang terkandung didalamnya.

Fungsi tongkonan rumah tongkonan bukan hanya sekedar berfungsi sebagai rumah adat. Kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. Ada banyak suku yang menghuni provinsi yang beribukota di makassar ini di antaranya suku bugis suku mandar suku toraja suku makassar dan lain sebagainya.

Dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu menjadi tempat berkupulnya bangsawan toraja yang duduk dalam tongkonan untuk berdiskusi. Disebut seperti itu karena pada awalnya rumah adat ini dijadikan sebagai tempat berkumpul para bangsawan tana toraja untuk berdiskusi. Tongkonan sendiri berasal dari kata tongkon yang berarti menduduki atau tempat duduk.

Tongkonan dalam bahasa toraja berasal dari kata tongkon yang artinya duduk. Bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam.

Mengenal Rumah Adat Tongkonan Ukss Itb Unit Kesenian Sulawesi

Tongkonan Bukan Sekadar Rumah Adat Kaltim Post

Tongkonan Rumah Adat Toraja Langkanmaega Com

Mengenal Desain Arsitektur Rumah Adat Toraja Rumah Minimalis Bagus

Mengenal Rumah Adat Tongkonan Tanah Toraja Kaskus

Nilai Budaya Dan Keunikan Tana Toraja Berikut Ulasan Lengkapnya

Rumahadattoraja Hash Tags Deskgram

Tongkonan Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Suku Toraja Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Makna Tongkonan Rumah Adat Di Tana Toraja

Rumah Adat Toraja Tongkonan Albantani

Home Co Id News Mengenal Keunikan Arsitektur Rumah Adat Indonesia

Hdrenhanced Instagram Photo And Video On Instagram

Mengenal Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna Kumparan Com

Toraja Bukan Rumah Adat Tongkonan Ini Ada Di Balige

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan Rumah Tongkonan Faizalefendi

Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari

Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari

Rumahtongkonan Instagram Posts Photos And Videos Instagub

Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari Provinsi Apa

Filosofi Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja Dari Sulawesi Selatan

Makna Bentuk Dan Fungsi Rumah Adat Tongkonan Toraja Hindu Alukta

Mengenal Desain Arsitektur Rumah Adat Toraja Rumah Minimalis Bagus

Pesona Toraja Tongkonan Sebagai Identitas Masyarakat Toraja


0 Response to "Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel