Bagian Bagian Rumah Gadang

Bagian ini disebut kolong dari rumah gadang. Bagian depan dari rumah gadang biasanya penuh dengan ukiran ornamen dan umumnya bermotif akar bunga daun serta bidang persegi empat dan genjang.

Temukan Sudut Sudut Bagian Rumah Gadang Prediksiku Dan Besar Sudut

Untuk tiang yang berbanjar dari depan ke belakang menunjukkan lanjar sedangkan tiang dari kiri ke kanan menunukkan ruang.

Bagian bagian rumah gadang. Bagian dalam rumah gadang konsep rumah gadang tidak mengfungsikan paku untuk mengikat bangunan tetapi berupa pasak untuk menyambungkan bagian satu dengan yang lainnya. Bagian depan rumah gadang rumah gadang selalu dibuat tinggi menyerupai rumah panggung tujuannya agar ruang dibagian bawah bisa digunakan. Sebagai rumah yang besar maka di dalam rumah gadang itu terdapat bagian bagian yang mempunyai fungsi khusus.

Sehingga bangunan tersebut memiliki sifat yang lebih lentur. Bagian ini disebut kolong dari rumah gadang. Bagian dalam rumah gadang merupakan ruangan lepas kecuali kamar tidur.

Rumah gadang ini memiliki satu tangga yang terletak pada bagian depan rumah. Jadi rumah gadang artinya adalah rumah yang besar. Pada bagian depan dinding rumah gadang dibuat dari bahan papan sedangkan bagian belakang dari bahan bambu.

Pada bagian dalam terbagi atas lanjar dan ruang yang ditandai dengan tiang. Rumah gadang ini dibuat berbentuk empat persegi panjang dan dibagi atas dua bahagian muka dan belakang. Sementara itu ruangan yang berfungsi sebagai dapur dibangun terpisah letaknya biasanya di belakang rumah.

Tiang tersebut berbanjar dari depan ke belakang dan dari kiri ke kanan. Bagian lain dari rumah gadang adalah bagian di bawah lantai. Sebagai rumah yang besar maka di dalam rumah gadang itu terdapat bagian bagian yang mempunyai fungsi khusus.

Kolong rumah gadang cukup tinggi dan luas. Rumah gadang sesuai dengan arsitektur ruangan dalam atau depan dengan lanjar ruangan yang membujur dari depan ke belakang diantara tiang tiang yang berderet terbagi atas 3 tipeyaitu. Kolong rumah gadang cukup tinggi dan luas.

Pada bagian depan dibuatkan tangga. Ukuran rumah gadang tergantung kepada jumlah lanjarnya. Berlanjar dua disebut dengan rumah gadang rajo babandiang.

Rumah gadang ini dibuat berbentuk empat persegi panjang dan dibagi atas dua bagian muka dan belakang. Bagian lain dari rumah gadang adalah bagian di bawah lantai. Ruangan lepas ini merupakan ruang utama yang terbagi atas lanjar dan ruang yang ditandai oleh tiang.

Semua bagian dari rumah gadang merupakan ruangan lepas kecuali unntuk kamar tidur. Sedangkan bagian luar belakang dilapisi dengan belahan bambu.

Potret Rumah Gadang Rumah Adat Yang Dipercaya Tahan Gempa

Ini Dia 7 Fakta Menarik Rumah Khas Minangkabau Rumah Gadang

Rumah Gadang 20 Ruang Sulit Air Balai Pelestarian Cagar Budaya

Rumah Gadang 20 Ruang Sulit Air Balai Pelestarian Cagar Budaya

Rumah Gadang Anneahira Com

Mengenal Rumah Adat Sumatera Barat Rumah Gadang Kalimat Id

Rumah Gadang Rumah Adat Minangkabau Wacana

Rumah Gadang Rumah Tradisional Minangkabau Arsitag

Rumah Adat Minangkabau Penjelasan Lengkap Dengan Penjelasannya

Denah Rumah Gadang Kreasi Rumah

Rumah Gadang Di Minangkabau

Firmitas Rumah Minang Elangfida

Rumah Gadang Arsitektur Nusantara Yang Inspiratif

5 Syarat Unik Dalam Mendirikan Rumah Gadang City Of Sound

Mengenal Makna Rumah Adat Minangkabau Dari Setiap Sudut Bagiannya

Rumah Gadang Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Filosofi Dibalik Kemegahan Arsitektur Rumah Gadang Minangkabau

Tlng Bantuannya Donk Tentang Jam Gadang Brainly Co Id

Rumah Gadang Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Rumah Gadang Ikons Id

Inilah Ragam Rumah Gadang Ikon Ranah Minang Good News From Indonesia


0 Response to "Bagian Bagian Rumah Gadang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel