Rumah Adat Suku Nias

Ribuan tahun lamanya dua suku. Rumah adat nias dinamai omo hada bentuk rumah adat ini adalah panggung tradisional orang nias.

Melihat Benda Benda Kuno Di Museum Pusaka Suku Nias Panduan Wisata

Rrumah adat nias dinamai omo hada bentuk rumah adat ini adalah panggung tradisional orang nias.

Rumah adat suku nias. Bagi warga nias ada dua jenis rumah adat yaitu omo sebua dan omo hada. Bedanya omo sebua hanya dihuni oleh kepala negeri kepala desa dan kaum bangsawan saja. Rumah adat tradisional nias disebut omohada bentuknya unik dan bernilai seni tinggi serta menjadi sebuah simbol kemegahan dari masyarakat lokal nias.

Rumah adat ini dibangun diatas tiang tiang kayu nibung yang tinggi dan besar serta beralaskan rumbia. Rumah adat nias terkenal memiliki konstruksi yang fleksibel dan tahan terhadap guncangan gempa bumi. Rumah adat di nias dibuat dengan ukuran lebih kecil dari rumah rumah adat aslinya adalah mewakili rumah adat dari nias selatan.

Pedangjenawi badik tumbuk lada. Penghantar ini bertolak dari tradisi lisan di nias dari ilmu arkeologi sejarah dan arsitektur rumah adat nias. Omo sebua ini merupakan rumah tempat kediaman para kepala negeri tuhenori kepala desa salawa atau kaum bangsawan.

Selain itu juga terdapat rumah adat nias dengan desain yang berbeda yaitu omo sebua. Material untuk membangun rumah terdiri dari lempengan batu dan kayu. The houses are at the centre of a web of customs social relations traditional laws taboos myths and religions that bind the villagers together.

Rumah melayu selaso jatuh kembar. Di samping arsitektur rumah yang unik suku nias juga mempunyai pola pemukiman yang tertata. Selain itu juga terdapat rumah adat nias dengan desain yang berbeda yaitu omo sebua.

The house provides the main focus for the family and its community and is the point of departure for many activities of its residents. Begitu pula pola perkampungan hiasan hiasan bahkan peti matinya pun berbentuk perahu. Omo sebua ini merupakan rumah tempat kediaman para kepala negeri tuhenori kepala desa salawa atau kaum bangsawan.

Rumah yang berbentuk empat persegi panjang dan berdiri di atas tiang ini menyerupai bentuk perahu. Rumah adat pada masyarakat nias memiliki bentuk yang berbeda beda sesuai dengan kegunaan dan tingkat kedudukannya dalam adat. Rumah adat di nias disebut sebagai omo hada.

Sementara omo hada dibuat untuk masyarakat umum. Tiang rumah adat nias ukurannya besar mempunyai kolong tangganya tinggi dindingnya dirakit tanpa paku tiang dinding diberi relief dengan motif khas nias. Untuk bentuknya rumah ini seperti rumah panggung yang dibangun di atas tiang tiang kayu tinggi besar.

Perkampungan Dan Rumah Adat Di Nias Gifari Graphy

Rumah Adat Nias Selatan

Persamaan Budaya Minahasa Dan Dayak Kaskus

3 Jenis Rumah Adat Sumatera Utara Spesial Pulau Nias

Atap Rumah Tradisional Simbol Budaya Ikonis Kompas Com

North Nias Tourism Anaoma House

Omo Sebua Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Penjelasan 8 Rumah Adat Tradisional Sumatera Utara Bukde Info

Rumah Adat Nias Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Pdf Cosmology Of Nias Architecture

Omo Sebua Dan Omo Hada Rumah Adat Nias Yang Tahan Gempa Pesona

Omo Sebua Dan Omo Hada Rumah Adat Nias Yang Tahan Gempa Pesona

Omo Sebua Dan Omo Hada Rumah Tradisional Nias Yang Tahan Gempa

Mengukur Cogok Uma Rumah Adat Suku Mentawai Merahputih

Suku Nias Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Museum Pusaka Nias Arsitektur Nias

Makna Warna Dalam Pakaian Adat Nias Yaahowu Id

Makna Warna Dalam Pakaian Adat Nias Yaahowu Id

File Lompat Batu Nias Jpg Wikimedia Commons

Miniatur Rumah Adat Nias

Inilah 10 Rumah Adat Sumatera Utara Dari Berbagai Suku Pariwisata

Arsitektur Rumah Adat Nias Denah Rumah Adat Sasak Sejarah Dan

Rumah Adat Suku Gayo Aceh Indonesia Traditional Houses


0 Response to "Rumah Adat Suku Nias"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel