Rumah Tongkonan Berasal Dari

Bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapurberasal dari kata tongkon artinya duduk bersama sama. Tangga rumah tongkonan terletak dibagian samping rumah menuju pada pintu masuk atau terletak di bagian tengah rumah menuju langsung ruang tengah atau sali.

Baby Grave Dan Kearifan Rumah Tongkonan I Think I Travel I Become

Dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu menjadi tempat berkupulnya bangsawan toraja yang duduk dalam tongkonan untuk berdiskusi.

Rumah tongkonan berasal dari. Ada banyak suku yang menghuni provinsi yang beribukota di makassar ini di antaranya suku bugis suku mandar suku toraja suku makassar dan lain sebagainya. Rumah tongkonan terbuat dari kayu uru. Dari kata ini ada istilah matongkonan atau tempat pertemuan.

Rumah adat toraja atau yang biasa disebut dengan tongkonan kata tongkonan sendiri berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. Atapnya melengkung menyerupai perahu terdiri atas susunan bambu saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk.

Latar belakang pembuatan desain rumah ini berkaitan erat dengan falsafah dan kebudayaan masyarakat toraja dimana desain dan arah juga tidak sembarangan. Rumah adat tongkonan berasal dari. Tongkonan dalam bahasa toraja berasal dari kata tongkon yang artinya duduk.

Sehingga konon katanya ketika nanti meninggal mereka akan berkumpul bersama arwah leluhurnya yang berada di utara. Rumah tongkonan sendiri merupakan rumah adat bagi masyarakat suku toraja dan sudah ditetapkan sebagai rumah adat dari provinsi sulawesi selatan. Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja.

Rumah adat ini mempunyai fungsi sosial dan budaya yang bertingkat tingkat di masyarakat. Rumah tongkonan yang berdiri berjejer akan mengarah ke utara dengan ujung atap yang runcing ke atas melambangkan leluhur mereka yang berasal dari utara. Pintu pintu rumah tongkonan nampak dihiasi dengan beberapa motif ukiran.

Rumah adat ini sangat terkenal bahkan hingga ke penjuru dunia dikarenakan keunikan dari segi arsitektur dan juga nilai nilai filosofis yang terkandung didalamnya. Rumah adat sulawesi selatan provinsi sulawesi selatan dihuni oleh masyarakat yang berasal dari suku yang beragam. Di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau.

Arti nama tongkonan tongkonan adalah rumah adat suku toraja yang berfungsi sebagai tempat pertemuan para bangsawan toraja membicarakan tentang adat. Hal ini menjadi pengingat bahwa leluhur masyarakat toraja menggunakan perahu untuk sampai di sulawesi. Rumah adat tongkonan berasal dari provinsi sulawesi selatan tepatnya dari daerah toraja.

Tangga menggunakan kayu uru yaitu sejenis kayu lokal yang berasal dari sulawesi. Atap rumah tongkonan yang terbuat dari bambu juga terlihat unik karena bentuknya yang menyerupai perahu. Dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu menjadi tempat berkumpulnya bangsawan toraja yang duduk dalam tongkonan untuk berdiskusi.

Mengenal Rumah Adat Tongkonan Tanah Toraja Kaskus

Tongkonan Tak Sekadar Rumah Adat Sedikit Cerita Untuk Kenangan

Lagi Ke Sulawesi Selatan Yuk Lebih Mengenal Asal Usul Rumah Adat Toraja

Rumah Adat Tongkonan Wacana Co Youtube

Tongkonan Rumah Tradisional Dari Tana Toraja

Filosofi Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja Dari Sulawesi Selatan

Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari

Makna Tongkonan Rumah Adat Di Tana Toraja

Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari Provinsi Apa

Nospi Resianto Tongkonan Adalah Rumah Tradisional Toraja Kete

Tongkonan Kareba Online

Makna Tongkonan Rumah Adat Di Tana Toraja

Rumah Adat Tongkonan Toraja Sulawesi Selatan Wisata Indonesia

Rumah Adat Tongkonan Selalu Bikin Hati Tertawan

Tongkonan Adalah Rumah Adat Masyarakat Toraja Tongkonan Berasal

Tongkonan Rumah Unik Adat Toraja Backpacker Jakarta

Keunikan Rumah Tongkonan Rumah Adat Di Indonesia Oleh Adhi

Nama Rumah Adat Toraja Dilengkapi Gambar Dan Penjelasan Romadecade

Home Co Id News Mengenal Keunikan Arsitektur Rumah Adat Indonesia

Soal Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari Penulis Cilik

Ciri Umum Teks Deskripsi


0 Response to "Rumah Tongkonan Berasal Dari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel