Rumah Adat Joglo Yogyakarta

Sebelum genting ditemukan pada masa silam atap rumah ini juga dibuat dari bahan ijuk atau alang alang yang dianyam. Rumah adat ini berasal dari provinsi jawa tengah.

Rumah Joglo Masih Banyak Kok Ninnameong

Selain dikenal sebagai tempat tinggal raja bangsal kencono jika dilihat sekilas mirip desain rumah joglo namun ukurannya lebih luas besar dan lebar.

Rumah adat joglo yogyakarta. Dimana jawa tengah dikenal daerah yang mempunyai karakteristik budaya dan adat tradisional yang sangat unik. Bangunan ini mempunyai bentuk yang besar dan membutuhkan kayu yang lebih banyak dalam pembuatannya. Rumah adat di jawa dan yogyakarta disebut rumah joglo.

Rumah adat di jawa ada lima jenis yaitu kampung panggung pe tajug limasan dan joglo. Fungsi fungsi ruang tersebut disesuaikan dengan kegunaan rumah adat yogyakarta ini sebagai istana kerajaan. Kompleks rumah bangsal kencono sendiri tersusun atas beberapa bangunan dengan fungsinya masing masing.

Rumah adat daerah istimewa yogyakarta bernama rumah bangsal kencono kraton. Sedikitnya bangsal kencono dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian depan bagian inti dan bagian belakang. Rumah joglo rumah adat tradisional provinsi di yogyakarta jogja rumah joglo merupakan bangunan arsitektur tradisional jawa tengah rumah joglo mempunyai kerangka bangunan utama yang terdiri dari soko guru berupa empat tiang utama penyangga struktur bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga soko guru.

Rumah adat joglo keadaan berangsur sepi ketika pasar winangun menurut penuturan wastoyo diboyong ke yogyakarta. Pasar pindahan dari winangun ini konon di yogyakarta dinamai jowinangun singkatan dari jobo winangun atau di luar wilayah winganun. Bagian pendopo adalah bagian depan joglo yang mempunyai ruangan luas tanpa sekat sekat biasanya digunakan untuk menerima tamu atau ruang bermain anak dan tempat bersantai keluarga.

Rumah adat joglo sendiri terdiri dari 2 bagian utama yakni pendopo dan bagian dalam. Atap rumah adat jawa tengah ini sendiri dibuat dari bahan genting tanah. Bansal kencono sekilas sangat mirip dengan rumah adat joglo akan tetapi ukurannya sedikit lebih luas.

Penggunaan desain rangka atap dengan bubungan tinggi dan material atap dari bahan alam merupakan salah satu hal yang membuat rumah joglo terasa dingin dan sejuk. Rumah adat joglo bangsal kencono jogja yogyakarta rumah adat joglo bangsal kencono ini dikenal sebagai tempat tinggal raja. Rumah adat joglo merupakan rumah tradisional yang ada di indonesia dengan terdiri 4 tiang utama.

Bagian depan bagian depan rumah adat yogyakarta ini terdiri dari gladhag pangurakan alun alun lor dan masjid gedhe kasultanan. Rumah adat yogyakarta rumah joglo rumah joglo adalah rumah tradisional jawa yang paling sempurna. Namun dalam perjalannanya jenis rumah ini bekembang menjadi berbagai jenis bangunan rumah tradisionaladat hanya saja tetap berpekem pada pola dasar lima rumah tersebut.

Joglo Rumah Adat Jawa Arsitektur Peradaban

Rumah Joglo Ratusan Tahun Ini Masih Berdiri Kokoh Di Saptosari

Rumah Adat Yogyakarta Imgurl

35 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan Romadecade

Rumah Joglo Jogja

Gambar Rumah Adat Yogyakarta Peta Dunia Sejarah Negara Tempat

Budaya Indonesia Rumah Adat Joglo

Uzivatel Tanah Gunungkidul Limasan Joglo Yogyakarta Na Twitteru

Gambar Rumah Adat Honei Rumah Adat Jogjakarta Gambar Rumah Adat

Malangcorner Seputar Malang

Rumah Adat Yogyakarta

Rumah Adat Daerah Istimewa Yogyakarta

Joglo Kudus Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Rumah Adat Kajang Lako Rumah Adat Beautiful Indonesia Umm

34 Nama Rumah Adat Tradisional Di Indonesia Beserta Gambarnya

Rumah Adat Yogyakarta Lengkap Gambar Dan Penjelasannya Seni Budayaku

Fungsi Dan Keunikan Rumah Adat Joglo Provinsi Yogyakarta Media

Rumah Adat Jawa Tengah Joglo Gambar Dan Penjelasannya Adat

34 Nama Rumah Adat Tradisional Di Indonesia Beserta Gambarnya

Jual Miniatur Rumah Adat Joglo Di Lapak Ministik Store Ministikstore

Uzivatel Tanah Gunungkidul Limasan Joglo Yogyakarta Na Twitteru

35 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan Romadecade

Rumah Adat Archives Page 3 Of 3 Kalimat Id


0 Response to "Rumah Adat Joglo Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel